Syarat Menjadi Pramugari Pramugara Maskapai Penerbangan

Syarat Menjadi Pramugari

Syarat Menjadi Pramugari

Mungkin Anda telah sering mendengar atau membaca daftar panjang yang menjelaskan apa saja Syarat Menjadi Pramugari.

Namun, Artikel ini akan membahas dengan lengkap, Tentang Syarat Syarat Menjadi Pramugari atau Pramugara yang diterapkan oleh Perusahaan Maskapai Penerbangan dalam melakukan rekruitmen Pramugari baru.

Pada Umumnya, Stiap Perusahaan Penerbangan memiliki beberapa Persyaratan Khusus untuk Merekrut Pramugari. Ada yang minimal menguasai 4 bahasa, Tidak boleh bertato atau harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun bekerja di bidang pelayanan dan sebagainya.

Tapi tetap saja, Secara umum semua Airlines atau Perusahaan Penerbangan memiliki beberapa Kealifikasi dan Persyaratan yang 70% sama.

Syarat Menjadi Pramugari

Berikut adalah Contoh Kualifikasi dan Persyaratan menjadi Pramugari di Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia yang bisa dijadikan patokan:

  1. Kualifikasi Pramugari Garuda Indonesia:
    • Pria / Wanita;
    • Warga Negara Indonesia (WNI);
    • Bersedia menjadi siswa Flight Attendant Training (FAT) dengan biaya pendidikan swadaya.
  2. Persyaratan Calon Siswa FAT
    • Single;
    • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik;
    • Sehat jasmani dan rohani;
    • Usia minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran;
    • Tinggi badan minimum 158 m dan Maksimum 172cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional;
    • Pendidikan Minimum Lulus SMA/SMK atau Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke atas;
    • Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00);
    • Mampu Berbahasa Inggris dengan baik (lisan maupun tulisan), diutamakan memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.
  3. Tahapan Seleksi Siswa Pramugari (Flight Attendant) Garuda Indonesia
    • Pengukuran tinggi/berat badan & Test Penampilan (Performance);
    • Psikotest & Bahasa Inggris;
    • Background Check & Wawancara Kompetensi;
    • Pantauan Akhir (Pantuhir);
    • Medical Examination (Medex).

Fakta Sampai Saat Ini, Ternyata masih banyak Orang yang beranggapan bahwa Menjadi Pramugari atau Pramugara adalah Profesi yang harus memiliki wajah cantik atau tampan, Berat badan ideal dan Proporsional dengan tinggi badan.

Padahal, Menjadi Pramugari tidak hanya soal Penampilan nya saja. Melainkan, untuk menjadi Pramugari juga harus mempunyai Keahlian dan Kriteria Khusus.

Berikut adalah Penjelasan Lengkap tentang Syarat dan Ketentuan umum untuk menjadi Pramugari ataupun Pramugara.

1. Usia

Pada Umumnya, Semua Maskapai Penerbangan pasti mencantumkan Syarat Minimal Usia bagi Pramugari yang hendak mengikuti Tes Seleksi Masuk.

Batas usia minimal Kandidat Pramugari adalah 18 tahun. Bahkan mungkin ada Maskapai yang Mensyaratkan usia minimal yang lebih dari 18 tahun. Semua tergantung masing masing kebijakan Perusahaan.

Mengapa ditetapkan usia minimal adalah 18 tahun? Hal tersebut didasari atas Undang Undang Tentang Ketenagakerjaan yaitu:

  • Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja.
  • Undang-undang No. 20 Tahun 1999 tentang Ratifikasi Konvensi ILO No. 138 Tahun 1973 mengenai Batas Usia Minimum Diperbolehkan Bekerja.
  • Undang-Undang No. 1 tahun 2000 tentang Ratifikasi Konvensi ILO No. 182 Tahun 1999 mengenai Pelarangan dan Tindakan Segera Penghapusan Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk untuk Anak.
  • Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No: KEP. 235 /MEN/2003 tentang Jenis-Jenis Pekerjaan yang Membahayakan Kesehatan, Keselamatan atau Moral Anak.
  • Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Kep. 115/Men/VII/2004 tentang Perlindungan bagi Anak yang melakukan Pekerjaan untuk Mengembangkan Bakat dan Minat.

Selain itu, Mengapa ditetapkan usia minimal 18 tahun adalah karena tuntutan tanggung jawab pekerjaan yang memerlukan sifat kepemimpinan (dalam batas batas tertentu) dan kedewasaan sikap dalam bertindak. Apalagi Tugas Utama dari seorang Pramugari adalah untuk menjaga Keamanan (Safety) Penumpang Pesawat selama Penerbangan.

Sedangkan batas usia maksimal untuk penerimaan Pramugari baru adalah sekitar 23 tahun sampai 25 tahun, tergantung dari kebijakan masing-masing Perusahaan. Bahkan ada Maskapai Penerbangan dalam negeri yang Mensyaratkan batas usia maksimalnya adalah 27 tahun.

Untuk membuktikan usia kandidat yang hendak mengikuti Tes Masuk Pramugari, dalam formulir pendaftaran biasanya dilampirkan juga Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir yang sudah disahkan oleh pejabat atau kantor yang berwenang.

2. Pendidikan

Syarat menjadi Pramugari berikutnya adalah pendidikan formal yang pernah diikuti oleh calon Pramugari. Hampir semua Maskapai Penerbangan mempunyai persyaratan yang sama, yaitu minimal pendidikan adalah lulusan SMA atau yang sederajat, dan dibuktikan dengan Ijazah kelulusan.

Dan bagaimana jika Anda adalah lulusan D3 atau S1 atau bahkan S2? Tentu saja hal itu Tidak Menghalangi Anda untuk bisa mengikuti Tes Seleksi dan diterima Menjadi Pramugari, sejauh memenuhi persyaratan lainnya.

3. Persyaratan Fisik

Sedangkan untuk Syarat Fisik Pramguri pada umumnya juga semua Airlines atau Perusahaan Penerbangan memiliki Kealifikasi dan Persyaratan yang 70% sama yaitu:

  • Tinggi Badan Minimal untuk Menjadi Pramugari (Wanita) adalah 160cm dan Maksimal 172cm.
  • Sedangkan Tinggi Badan Minimal untuk Menjadi Pramugara (Pria) adalah 170cm dan Maksimal 182cm.
  • Mempunyai Berat Badan yang Seimbang (Ideal) atau Proporsional dengan tinggi badan.
  • Sehat Jasmani & Rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
  • Memiliki Mata yang Sehat, dalam hal ini Pramugari tidak boleh memakai Kacamata. Sedangakan Memakai Lensa Kontak masih diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00.
  • Tidak Buta Warna
  • Gigi yang sehat dan rapi. Diperbolehkan memakai Kawat Gigi selama masa Pendidikan atau Pelatihan.

4. Penampilan

Tidak Seperti Pandangan Umum, Faktanya untuk Menjadi Pramugari tidak harus Menor. Tapi Anda harus Berpenampilan Natural namun terlihat Menarik dan enak untuk dilihat.

Hampir semua Maskapai Penerbangan menerapkan aturan yang ketat mengenai cara Berpakaian dan Berdandan, karena Pramugari adalah ujung tombak citra Perusahaan.

Baik buruknya citra Perusahaan, sering kali ditentukan oleh baik buruknya cara berdandan dan pelayanan yang diberikan oleh para Pramugari atau Pramugara Maskapai Penerbangan tersebut kepada para Penumpang.

Berikut adalah syarat menjadi Pramugari di bidang penampilan pribadi yang harus Anda perhatikan dan jaga ketika hendak mengikuti Tes Seleksi Penerimaan Pramugari:

  • Model Rambut
    Hindari model rambut yang cenderung Radikal, seperti memotong habis rambut disatu sisi, dan memanjangkan di sisi kepala lainnya.
  • Warna Rambut
    Hindari mengecat atau mewarnai rambut dengan warna yang tidak natural, seperti ungu, hijau, merah atau biru menyala.
  • Panjang Rambut
    Hindari memelihara rambut yang terlalu panjang saat Anda mengikuti Tes Seleksi Pramugari.
  • Tata Rias
    Usakan Selalu Gunakan warna yang natural dengan saputan yang cenderung soft atau lembut.
  • Tatto
    Sebagian besar Maskapai Penerbangan tidak menerima Pramugari atau Pramugari baru dengan tatto yang terlihat jelas.
  • Bekas Luka
    Sedangkan untuk bekas luka yang kecil atau samar, biasanya masih diberikan toleransi.
  • Hijab
    Sedangkan untuk aturan Hijab, ada beberapa Maskapai Penerbangan yang Tidak Mengizinkan Berhijab. Namun, ada juga Maskapai yang Mengizinkan Berhijab.

5. Berat Badan Proporsional

Salah satu syarat menjadi Pramugari adalah memiliki berat badan yang Ideal dan Proporsional dengan tinggi badan. Lalu bagaimana cara mengukurnya?

Metode yang paling umum dipakai adalah dengan menggunakan BMI atau Body Mass Index, atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Index Masa Tubuh, yang sering disingkat dengan IMT. Cara menghitungnya adalah sebagai berikut :

  • Yaitu berat badan dalam satuan kilogram, dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam satuan meter.
  • Hasil BMI yang bagus, dalam arti berat badan dan tinggi badan mempunyai proporsi yang ideal, jika nilainya antara 18.5 – 23.

6. Bahasa Asing

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Bahkan ada beberapa negara yang menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa resmi atau bahasa utama.

Kenapa bahasa Inggris sangat penting untuk Profesi Pramugari? Tentu saja karena bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang berlaku di berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali dalam bidang Penerbangan.

Bahasa Inggris bahkan digunakan sebagai bahasa komunikasi yang dianjurkan oleh ICAO (International Civil Avation Organization) mengingat banyaknya kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh kendala bahasa dan miskomunikasi antar para penerbang. SOP penerbangan pun juga ditulis dalam bahasa Inggris.

Dengan kata lain, Bila Anda tidak bisa Bahasa Inggris, sedangankan Pesaing Anda dalam Perekrutan Pramugari ada yang Bisa atau Bahkah Menguasai Bahasa Inggris atau bahkan bisa bahasa asing lainnya, bisa dipastikan Anda agal gagur.

Otomatis Perusahaan Penerbangan akan lebih Mem-Prioritaskan Kandidat yang mempunyai kelebihan lebih, seperti halnya menguasai bahasa asing, seperti bahasa inggris.

Kesimpulan

Dari seleksi Tes Seleksi Pramugari baru, Syarat Jadi Pramugari yang ditetapkan oleh hampir semua Maskapai Penerbangan adalah seperti apa yang telah dibahas dalam artikel ini.

Ada beberapa yang dikurangi atau ditambah, tetapi secara garis besar syarat menjadi Pramugari adalah seperti apa yang dijelaskan dan ditulis di atas.

Berikut adalah contoh iklan Lowongan Pramugari yang dikeluarkan oleh maskapai Penerbangan Garuda Indonesia ketika hendak merekrut Pramugari baru.

Lowongan Pramugari Garuda Indonesia

Lowongan Pramugari Garuda Indonesia

Dari informasi di atas, dapat dibaca dengan jelas, apa saja syarat menjadi Pramugari yang ditetapkan oleh Garuda Indonesia. Brosur lowongan Pramugari diatas relatif baru.

Dapat dibaca, bahwa salah satu syarat menjadi Pramugari yang diminta oleh Maskapai adalah mampu Berbahasa Inggris dengan baik, lisan dan tertulis. Syarat ini sering kali menyebabkan banyak kandidat gagal lolos Tes Seleksi Pramugari.

Dari Pengalaman Tersebut, maka Pelatihan yang diselenggarakan oleh Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan selama 5 bulan dengan materi Khusus Bahasa Inggris secara intensif. Diharapkan, setelah selesai mengikuti Pelatihan, siswa akan mampu untuk berbicara dalam Bahasa Inggris dengan fasih.

Selain Bahasa Inggris, Setiap Peserta Pendidikan (siswa/i) juga akan Dilatih dan Diajarkan berbagai jenis materi yang akan diujikan dalam seleksi masuk Pramugari.

Itu sebabnya mengapa Kami menyebut Pelatihan di Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan adalah cara yang cerdas bagi yang ingin menjadi Pramugari atau Pramugara. Karena fokus pengajaran dan Pelatihan adalah bagaimana cara paling tepat agar Siswa Bisa Lolos Tes Pramugari.

Jangan tunda lagi langkah untuk meraih impian Mu. Daftarkan diri Anda sekarang juga ke Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan karena Kouta Terbatas!

Hubungi Kak Yeni (WA) 08997200200 Untuk Mendapatkan Informasi Yang Lebih Lengkap Tentang FAAST Penerbangan.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, tolong dibagikan dengan teman-teman atau kerabat Anda di Sosial Media, supaya mereka juga bisa mengambil manfaat dari artikel ini, cukup dengan 1 klik saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open WhatsApp
Butuh Bantuan?
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..